Penjelasan tentang Perangkat Kurikulum Merdeka SMA Kelas 10
Perangkat Kurikulum Merdeka untuk SMA kelas 10 terdiri dari berbagai komponen yang dirancang untuk mendukung implementasi pembelajaran yang lebih fleksibel dan bermakna. Berikut adalah beberapa perangkat utama:
Capaian Pembelajaran (CP): Merupakan dokumen yang memuat tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa selama satu tahun ajaran. CP ini disusun berdasarkan kompetensi dasar yang dikembangkan untuk membentuk keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan perkembangan zaman.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): ATP merupakan peta jalan pembelajaran yang membantu guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran selama satu semester atau satu tahun penuh. ATP mengatur urutan materi dan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai CP.
Modul Ajar: Modul ajar adalah materi pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Modul ini mencakup berbagai aktivitas, proyek, dan evaluasi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Proyek ini dirancang untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Melalui proyek ini, siswa diajak untuk mengembangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila, seperti gotong royong, mandiri, dan berintegritas.
Asesmen: Dalam Kurikulum Merdeka, asesmen tidak hanya berfokus pada hasil akhir (nilai) tetapi juga pada proses pembelajaran. Guru diharapkan untuk melakukan asesmen formatif (yang dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran) dan asesmen sumatif (penilaian akhir) untuk mengetahui perkembangan siswa.
Perangkat-perangkat ini dirancang untuk mendukung tercapainya pembelajaran yang lebih bermakna, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa di SMA, khususnya di kelas 10.