Perangkat Kurikulum Merdeka Kelas 10 Lengkap !

Kurikulum Merdeka adalah sebuah pendekatan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia yang menekankan pada pembelajaran berbasis proyek, kemandirian siswa, serta penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan dan potensi masing-masing siswa. Untuk kelas 10 SMA, Kurikulum Merdeka dirancang agar siswa dapat mengembangkan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi.


Di dalam Kurikulum Merdeka, guru memiliki kebebasan lebih dalam menentukan metode dan materi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Siswa diberikan lebih banyak ruang untuk mengeksplorasi minat mereka melalui berbagai proyek dan aktivitas yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Penjelasan tentang Perangkat Kurikulum Merdeka SMA Kelas 10

Perangkat Kurikulum Merdeka untuk SMA kelas 10 terdiri dari berbagai komponen yang dirancang untuk mendukung implementasi pembelajaran yang lebih fleksibel dan bermakna. Berikut adalah beberapa perangkat utama:

  1. Capaian Pembelajaran (CP): Merupakan dokumen yang memuat tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa selama satu tahun ajaran. CP ini disusun berdasarkan kompetensi dasar yang dikembangkan untuk membentuk keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan perkembangan zaman.

  2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): ATP merupakan peta jalan pembelajaran yang membantu guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran selama satu semester atau satu tahun penuh. ATP mengatur urutan materi dan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai CP.

  3. Modul Ajar: Modul ajar adalah materi pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Modul ini mencakup berbagai aktivitas, proyek, dan evaluasi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

  4. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Proyek ini dirancang untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Melalui proyek ini, siswa diajak untuk mengembangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila, seperti gotong royong, mandiri, dan berintegritas.

  5. Asesmen: Dalam Kurikulum Merdeka, asesmen tidak hanya berfokus pada hasil akhir (nilai) tetapi juga pada proses pembelajaran. Guru diharapkan untuk melakukan asesmen formatif (yang dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran) dan asesmen sumatif (penilaian akhir) untuk mengetahui perkembangan siswa.

Perangkat-perangkat ini dirancang untuk mendukung tercapainya pembelajaran yang lebih bermakna, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa di SMA, khususnya di kelas 10.


Berikut Kumpulan Perangkat IKM Kelas 10 Lengkap dapat dilihat pada tabel informasi di bawah ini:
 


Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Search This Blog